Tips Aman Bertransaksi untuk Agen BRILink


Penipuan online nampaknya sudah menjadi pekerjaan bagi mereka yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan.

Sebagai pelaku Lakupandai, kita harus lebih jeli dan berhati-hati lagi, khususnya untuk para sahabat Agen BRILink.

Coba kita perhatikan . . .

Jika kita sering memperhatikan, jawabannya pasti : "Terima Uang Dulu Baru Transaksi".


Betul kan?

. . . Pasti dengan nada halusnya seorang Teller atau petugas Bank akan berkata "Mohon maaf Pak / Bu, boleh kita terima dulu uangnya?"

Apakah kita sebagai nasabah merasa tersinggung?

Kalo saya pribadi sih nggak, kenapa? Ya itu prosedurnya. Jika diibaratkan berjualan, maka hukumnya adalah : "Ada Uang Ada Barang".

Cuma bedanya produk yang kita jual bukanlah berupa barang, tetapi Jasa.

Tapi kurang lebih intinya sama aja, paham kan?

Nah, kalo sebesar Kantor Bank aja seperti itu, kita pelaku usaha perorangan masa berani-beraninya transaksi dulu baru terima uang?

Sangat riskan, kecuali emang udah kenal banget misalanya: teman dekat, keluarga dan lain sebagainya.

Tapi ingat, kita tetap perlu berhati-hati dan lebih jeli, karena sekarang banyak juga modus-modus seperti ini:

  • Pura-pura pakai foto profil WA temen / keluarga kita
  • Pura-pura nelpon ngaku jadi petugas Bank dan minta PIN, kode OTP dan kode macem-macem
  • Pura-pura mau bayar belanja online, misalnya Virtual Account
  • dan lain-lain

Mungkin infographics ini bisa menjadi acuan atau prosedur yang bisa digunakan oleh para pelaku Lakupandai khususnya kita Agen BRILink.

Tips Aman Bertransaksi bagi Agen BRILink


  • Hitung jumlah uang dari nasabah yang membawa uang tunai / setor / transfer tunai
  • Konfirmasi uang yang dibawa sudah pas dan terjamin keasliannya, disarankan juga: Catat transaksi secara manual
  • Lakukan transaksi dan nasabah menerima bukti berupa receipt (struk), Selesai!


Catatan:
Jangan lupa untuk selalu menyimpan struk Merchant Copy untuk arsip

Yuk Bagikan Tips ini . . .